Antisipasi Serangan ISPA, Puskesmas Semerap Bagikan Masker Ke Warga, Pengendara Hingga Sekolah

soniyoner, 21 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KERINCI- Kabut asap terus saja menyelimuti Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai penuh akhir-akhir ini, hal tersebut dikarenakan kebakaran hutan dan lahan  (KARHUTLA) yang semakin parah terjadi di beberapa titik di pulau Sumatera dan kalimantan, yang dampaknya sangat dirasakan masyarakat kerinci dan Sungai Penuh.

Menyikapi hal tersebut Puskesmas Semerap Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci bagikan masker kepada warga dan pengendara, serta sosialisasi ke sekolah-sekolah dan rumah warga demi mengantisipasi serangan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Ns.Revalinda.S.Kep yang selaku kepala Puskesmas Semerap, saat dikonfirmasi Jumat 20/09/2019 mengatakan pihak puskesmas Semerap merasa prihatin atas polusi udara di Kerinci akibat karhutla yang terjadi di beberapa titik wilayah di Indonesia. Oleh karena itu Ia mengakui, ini tanggung jawab kita bersama termasuk pihak Puskesmas Semerap.

Langkah nyata yang diambil pihaknya adalah lebih memaksimalkan lagi pelayanan terhadap pasien ISPA dan diare serta sosialisasi ke masyarakat akan bahayanya polusi udara akibat karhutla. Selain itu pihaknya juga membagikan masker kepada warga, pengendara hingga anak sekolah demi mencegah serangan ISPA.

" Dari awal September kami sudah melakukan kegiatan ini, dari efek debu proyek pembuatan jalan rigid beton, dan sekarang kami bagikan masker terkait dengan kabut asap" Jelasnya.

Dan lanjutnya lagi, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan ke rumah warga selama kabut asap masih terjadi.

" kami akan terus berupaya melakukan kegiatan ini sampai hari ini, dan kami menghimbau agar warga mengurangi aktivitas di luar rumah" Ungkapnya.

Ditempat terpisah, PLT kepala dinas kesehatan kabupaten Kerinci Hermendizal saat dikonfirmasi Indonesiasatu.co.id mengatakan, serangan ISPA dan Diare terus saja bertambah hingga hari ini, namun Ia mengakui belum ada angka pasti.

" belum ada angka pasti, namun yang jelas kasus warga yang terserang ISPA dan diare terus saja bertambah hingga hari ini" Katanya.

Hermendizal juga menambahkan, pihaknya belum bisa mendapatkan berapa angka pasti kasus ISPA dan diare, dikarenakan pihaknya belum menerima laporan dari Puskesmas yang ada di kabupaten Kerinci.

" Kabut asap ini kan September, kami mendapatkan Laporan dari puskesmas itukan per-akhir September" paparnya.(sony)

 

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu