Pangdam XIII Merdeka : Program TMMD di Boalemo Berupa Kegiatan Pembangunan Fisik dan Non Fisik

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartagorontalo.com ; Gorontalo - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni menjelaskan bahwa sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 bertempat di Desa Pangea, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo adalah kegiatan fisik dan non fisik. Pada Pembukaan ini dihadiri Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Bupati Boalemo, Danrem Gorontalo, Forkopimda Propinsi dan Kabupaten Boalemo, instansi vertikal dan daerah serta tokoh Manyarakat.

"Sasaran fisik diantaranya dalah membuka jalan sejauh lima kilometer, kemudian yang lainnya adanya rehabilitasi masjid," tegas Pangdam usai menghadiri upacara pembukaan TMMD di Kecamatan Wonosari, Selasa (10/7).

Menurutnya, yang paling menonjol adalah pembenahan tiga pilar yang akan di tempati oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Kepala Desa untuk bersinergi di unit  pemerintahan terkecil yaitu Desa.  "Nanti mereka bersatu memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat, dan mengayomi masyarakat" kata Pangdam, lagi.

Sedangkan kegiatan non fisik yang dilakukan antara lain melaksanakan bakti sosial, pengobatan massal, pelayanan KB, pasar kebutuhan bahan pokok murah dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

"Selain  itu juga akan dilaksanakan ceramah-ceramah kesehatan kemudian sosialisasi bahaya narkoba dari rekan Polda, kemudian ada juga wawasan kebangsaan dan cinta tanah air," jelasnya.

Pangdam menambahkan, anggota yang digerakkan sebanyak 150 personil gabungan dari TNI dan Polri yang bersinergi dan solidaritas untuk melaksanakan TMMD. Dalam pelaksanaan lapangan akan di kawal oleh Dandim Gorontalo, Letkol. inf. Allan Surya Lesmana.

Index Berita