Layanan Non Tunai Pengelolaan PNBP, Antarkan UPT BKIPM Raih Treasury Awards Dari Kanwil DJPb Gorontalo

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartagorontalo.com : Gorontalo - Kamis (26/7) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo menyelenggarakan acara Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat/Daerah Serta Penganugerahan Treasury Awards Tahun 2018. Acara tersebut dibuka Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, dan di hadiri Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Walikota dan Bupati Lingkup Provinsi Gorontalo, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala BKAD, BKD dan BKPD se-Provinsi Gorontalo, Para Kepala Kantor Wilayah/Kasatker Instansi Vertikal dan OPD lingkup Provinsi Gorontalo.
Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Ismed Saputra, dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Salah satu kategori dalam penghargaan tersebut adalah Satuan Kerja Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbaik di Propinsi Gorontalo. Pemuncaknya adalah Unit Pelaksana Teknis BKIPM yaitu Stasiun Karantina Ikan, Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Gorontalo. Adapun kriteria penilaian adalah, ketepatan waktu penyampaian laporan, pencapaian target, kontribusi terhadap total penerimaan PNBP di Gorontalo, kualitas pelayanan dan ketepatan waktu peyusunan laporan

 

Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Gorontalo, Hamzah., S.PI, M.Si, dalam memberikan testimoni menjelaskan kiat keberhasilan tersebut, dan yang menarik adalah penggunaan cash less atau transaksi non tunai dalam pembayaran PNBP oleh masyarakat. Hamzah, menjelaskan di kantor nya disediakan mesin Electronic Data Capture (EDC), sehingga masyarakat mudah melakukan penyetoran dan kode billing dibuatkan oleh petugas layanan. Ini sangat memudahkan bagi pengguna layanan tidak perlu membawa uang tunai dan bisa juga dilakukan 24 jam sehari melalui internet banking setelah mendapat kode billing dari petugas layanan. Hamzah, menyampaikan juga modernisasi pelayanan yang dilakukan Stasiun Karantina Ikan, Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Gorontalo ini akan memudahkan bendahara penerimaan, dimana bendahara tidak perlu menyimpan uang dan menyetorkan ke bank. Dari sisi pelaporan yang dilakukan bendahara penerimaan juga semakin simpel, karena uang langsung masuk rekening penerimaan satker. Terobosan inilah yang membuat kualitas layanan yang dilakukan semakin cepat, mudah dan akuntabel. Masyarakat pengguna layanan tidak perlu mengantri lama dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Ismed Saputra, menjelaskan bahwa Kanwil DJPb selaku pembina pengelolaan PNBP,  berharap satuan kerja PNBP lainnya di Gorontalo dapat menerapkan modernisasi dalam pengelolaan PNBP tersebut. Sehingga layanan kepada masyarakat dapat lebih cepat dan mudah, ini yang selalu dikeluhan masyarakat. Termasuk juga untuk bendahara pengeluaran dapat menggunakan Cash Management System (CMS) yang disediakan perbankan, sehingga tidak perlu menggunakan uang tunai. Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 saat ini, satuan kerja pemerintah dapat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi sesuai ketentuan yang telah digariskan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Semoga penghargaan ini memacu Satuan Kerja Vertikal pengelola PNBP dapat lebih baik melayani masyarakat dan penerimaan negara dapat meningkat.

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita