Kepala Sekolah Semena-Mena dan Memaki Siswanya Idiot , Siswa-Siswa SMAN 2 Malang Unjuk Rasa

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAJATIM.COM-Malang:Pada hari kamis 05/5/2018 pukul 06.00 s/d 09.30 Wib siswa SMAN 2 Kota Malang Jl.Laksamana Martadinata Kec. Klojen Kota Malang melakukan  aksi unjuk rasa damai yang diikuti sekitar 1000 orang dengan koordinator lapangan Aska Salman salah satu siswa dan mereka membentang poster dan spanduk antara lain bertuliskan kata-kata memprotes perlakuan ibu Retno yang menjadi Kepala sekolah SMAN 2 malang.

Tuntutan para siswa ini yang tertulis di spanduk antara lain : Kami butuh pemimpin bukan penindas ,guru digugu dan ditiru yang salah tak patut dibela , kamu main tangan kami berhak melawan #turun tahta , kekerasan fisik  mental sopan santun tak ada? masih pantaskah disini dan turunkan kepala sekolah !!! anda disini hanyalah seorang tamu jangan sok berkuasa sampai berani menantang tuhan !!! , Retno out!!! , pendidikan bukan ladang bisnis , mendidik bukan menghardik , anda bilang tak robek mulutmu kami jawab kami robek jabatanmu .

Begitu juga poster-poster yang dibawa para siswa juga dengan kata-kata yang keras , antara lain tertulis :Kami butuh pemimpin yang bijaksana , jangan beli hak suara kami , kaya dibela miskin dihina , mendidik bukan menghardik , turunkan diktator , "Idiot" bukan kata kata mendidik sampai tulisan kepala sekolah "out".

Pukul 07.00 untuk menampung tuntutan para siswa  dilakukan mediasi di aula  di SMA 2 dijembatani oleh Ketua MKKS Tri suharno dari Diknas provinsi Jatim dan juga Wakapolsek klojen AKP Tukimin.

Menurut Ketua MKKS TRI Suharno sebagai orang yang terdidik , maka masalah harus diselesaikan secara musyawarah karena tujuan akhir adalah penyelesaian masalah dan kita sama sama harus di untungkan demi sekolah dan anak anak terdidik.

Hal tersebut juga didukung oleh Wakapolsek Klojen AKP Tukimin yang mengatakan bahwa untuk permasalahan SMAN 2 kita akan mencari jalan terbaik ,"imbuhnya.Dan menurut AKP Tukimin polisi hanya sebagai jembatan mencari solusi dengan kesepakatan dan peran polisi tidak memihak kepada siapapun.

Retno sebagai kepala sekolah SMAN 2 Malang mengelak tuduhan para siswa.Menurutnya sebagai sekolah dia telah membantu anak anak dalam hal keringanan bagi anak yg tidak mampu dan dia tidak langsung menangani masalah keuangan ." Karena yang menangani masalah keuangan adalah pak Zaenal yang pegang bagian keuangan , juga untuk anak anak yg tidak mampu dan untuk ketentuan harus memenuhi syarat sesuai situasi dan mekanisme," jelas Retno.

Zaenal sendiri yang tugasnya adalah di bagian keuangan juga menjelaskan bahwa untuk kepentingan pelajar yg melakukan wisuda untuk murid tidak mampu dikenakan biaya 2 juta dan itu bisa dicicil.Sedangkan untuk murid yang memiliki KIP membayar 1,5 juta, mengenai biaya - biaya tersebut Zaenal juga mengatakan semua dilihat realitasnya dan tidak semena mena.

Beberapa siswa juga menceritakan tentang kebiasaan kepala sekolah yang berkeliling ke kelas-kelas untuk mengecek anak yg tidak membayar SPP sehinga siswa yang bersangkutan merasa malu karena kepala sekolah mengolok-olok kepada siswa dan mengatakan anak miskin ,fakir dan menanyakan berapa gaji orang tua kalian.Ada juga siswa yang disebut idiot, anak kambing dan ada siswa yang mau sholat , tetapi sandalnya dibuang.

Bukan hanya siswa-siswa SMAN 2 yang mengeluhkan perlakuan Retno sebagai kepala sekolah kepada mereka , akan tetapi juga guru-guru di SMAN 2.Menurut salah seorang guru mereka tidak nyaman dengan adanya kepemimpinan Retno , karena setiap  diberikan masukan selalu ditolak.Menurutnya situasi seperti ini baru kali ini terjadi di SMAN 2 

Salah seorang wali murid yaitu Ana rosida juga memprotes tidak adanya transparansi keuangan di SMAN 2 , baik SPP maupun uang outbound.Dan menurutnya kegiatan aksi damai ini murni oleh siswa dan tidak ada yg menyuruh. 

Setelah koordinasi dan mediasi antara siswa , wali murid juga guru-guru akhirnya diputuskan Kepsek Retno ditarik ke Diknas Kota Malang dan dipastikan esoknya 6/5/2018 sudah ada Plt. Kepala sekolah yg ditunjuk oleh Diknas Kota Malang untuk menggantikan posisi Retno di SMAN 2. (Hendro B.L)

 


Download : unjuk rasa di AMAN 2 Malang
*telah didownload: 0 kali

Index Berita