Gelar Seni, Angkat Pariwisata Muarojambi

WARTAJAMBI.COM: MUARO JAMBI -  Selain optimalisasi pembentukan kelompok masyarakat sadar wisata, Pemerintah Kabupaten Muarojambi terus berusaha menggali dan mengangkat potensi seni budaya tradisional daerah untuk disuguhi kepada wisawatan domestik maupun wisatawan mancanegara yang kian tertarik berwisata ke Muarojambi. “Muarojambi sudah merupakan salah satu daerah destinasi wisata nasional.

"Kita punya situs Percandian Muara Jambi, sudah menjadi branding wisata Provinsi Jambi. Mengoptimalkannya kita terus mempromosikan khasanah seni-budaya tradisional yang merupakan salah satu daya-pikat para wisatawan, khusssnya wisatawan mancanegara,” ungkap Bupati Muarojambi Hj Masnah Busroh. Salah satu kegiatan promosi yang dilakukan, sebut Masnah Busroh, adalah melalui Pagelaran Seni Budaya Bumi Sailun Salimbai yang disiarkan secara luas melalui RRI Jambi, Kamis (29/3).

Acara ini mendapat perhatian besar masyarakat tersebut, tidak hanya menyuguhkan beragam kesenian musik, tarian tradisional, tetapi juga mempromosikan produk handcraft (kerajinan tangan) khas Muarojambi, seperti kain batik, tenun songket dan beragam souvenir untuk ditawarkan kepada wisatawan. “Selain bertujuan mengangkat kemajuan seni-budaya dan kepariwisataan, pagelaran tersebut berkorelasi positif untuk menggairahkan perekonomian masyarakat, khususnya melalui industri kreatif para pelaku home industri,” kata Masnah. (arif)

Index Berita