Dunia Pendidikan Kerinci Tercoreng dengan Maraknya Isu Dugaan Pungli

soniyoner, 14 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KERINCI - Sepertinya pungutan liar ( pungli) semakin sulit untuk dibasmi di dunia pendidikan kabupaten Kerinci provinsi Jambi. setelah beberapa kali disorot oleh awak media, tak akan membuat oknum di Disdik kabupaten Kerinci menghentikan aktivitas terlarang tersebut, dan malah sebaliknya semakin parah dan memprihatin saja. Mulai dari isu pungutan dan setoran serifikasi guru, hingga isu setoran " uang lelah" Dana Operasional Sekolah atau biasa disebut dana BOS, dana yang dikucurkan pemerintah tersebut bertujuan untuk bantuan kegiatan belajar Siswa.

Dugaan aktivitas pungli dana BOS kali ini diduga dilakukan oleh oknum ASN di Disdik kabupaten Kerinci provinsi Jambi, dimana menuai banyak kritikan dan polemik diberbagai kalangan masyarakat khususnya Kepala Sekolah SMP di kabupaten Kerinci.

pasalnya setiap SMP di Kabupaten Kerinci disenyalir setor Rp.250,000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) setelah pencairan dana Bos  per Triwulan diduga melalui ketua MKKS kuat dugaan atas perintah Mat Agusalim.
 
Dimana Mat Agussalim diketahui menjabat sebagai Kasi penjamin mutu dikdas di Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci untuk mengelola dana BOS dari jambi ke Dinas dan bank.
 
Seperti penuturan salah Seorang Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Kerinci yang namanya minta dirahasiakan kepada awak media ini mengakui Memang aktivitas pungli tersebut kejadiannya sudah berlangsung lama yakni sejak 2019 lalu, dijelaskannya pada triwulan 1 dan 2  dirinya beserta yang lain diminta untuk menyetor Rp.250.000 oleh ketua MKKS yang bernama Zahlul yang katanya untuk Mat Agusalim.

" Benar, pada pencairan triwulan 1 dan 2 tahun 2019 lalu kami diminta menyetor uang sejumlah Rp.250.000 oleh ketua MKKS yang bernama Zahlul yang katanya untuk Mat Agus Salim kasi penjamin mutu," Jelas sumber.

Parahnya lagi, Mat Agus Salim yang selaku kasi penjamin mutu dikdas di Disdik dan Morison selaku kadis Disdik kabupaten Kerinci terkesan mengelak saat dikonfirmasi via ponsel, bahkan bungkam saat awak media memastikan pengakuan sumber tersebut.(sony)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu