Didanai 1 Miliyar Lebih, Jalan Desa Air Mumu Parikanan Tengah Dikerjakan Asal Jadi

INDONESIASATU.CO.ID:

KERINCI -  Pekerjaan peningkatan jalan desa air Mumu Parikanan Tengah yang didanai dari Dana alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2017. dengan Nilai kontrak 1.074.460. 000 (Satu miliar tujuh puluh empat juta empat ratus enampuluh ribu rupiah) dilaksanakan asal jadi oleh CV. Monika. 

Berdasarkan pengamatan Journalist.ID di lapangan, kondisi pekerjaan terlihat amburadul, dan malah ada di beberapa titik badan jalan terlihat gembur,  padahal sudah dilaksanakan pekerjaan pemadatan, jelas  ini terjadi akibat lemahnya kemampuan teknis kontraktor dalam melaksanakan pekerjaan pengerasan badan jalan,  disisi lain material timbunan yang digunakan jenis tanah,  batu galian gunung, sehingga diduga kuat bahwa pekejaan dimulai tanpa adanya dilaksanakan tes uji kelayakan material sebagai acuan kerja,  Jobs Miks Formula (JMF), sebagai mana yang tertuang dalam syarat umum kontrak.

Kondisi pekerjaan lainnya dari proyek di bawah Dinas PUPR juga tidak jauh berbeda. Sebagaimana yang disampaikan LSM RESPECT, "Sejauh pengamatan kami di lapangan khususunya pada proyek yang ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kerinci, seperti pekerjaan peningkatan jalan Poros Pelompek - Bengkolan Dua Kecamatan Kayu Aro dilaksanakan tanpa ada papan proyek, tanpa ada pekerjaan pembersihan badan jalan terlebih dahulu, sementara material timbunan sudah  dihamparkan  di permukaan jalan yang akan dikerjakan." 

Dari hasil pantauan di lapangan terlihat lemahnya pengawasan serta arahan teknis dari PPK, PPTK, serta konsultan pengawas, selaku penanggung jawab pelaksanaan proyek pemerintah kabupaten Kerinci.  (Doni antonius). 


 

Berita Terkait

Index Berita