Daging Ayam, Cabai Merah Kompak Turun Harga

INDONESIASATU.CO.ID:

JAMBI - Sejumlah komoditi kebutuhan pokok yang sebelumnya melangit harganya, pada Senin (28/5) kompak turun harga. Ketiga komoditi dimaksud, yakni daging ayam potong, cabai merah dan bawang merah. “Alhamdulillah harganya terkendali. Sesuai hukum pasar, karena persediaannya mencukupi dan banyak, harganya menjadi turun. Jadi kita belum perlu melakukan intervensi,” kata Ketua Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi, H.M Dianto saat melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke pasar induk Angso Duo, Senin (28/5).

HM Dianto yang juga menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi menjelaskan, pemerintah melakukan intervensi melalui operasi pasar, jika terjadi lonjakan harga pangan yang signifikan. Untuk langkah intervensi tersebut menjangkau seluruh wilayah Jambi, bekerja sama dengan pemerintah kabupaten kota dan Bulog. Dalam sidaknya, Tim Satgas Pangan mencatat harga daging ayam turun dari kisaran Rp45.000 – Rp47.000 menjadi Rp31.000 – Rp32.000 per Kg. Harga cabai turun dari kisaran Rp26.000 – Rp28.000 menjadi Rp22.000 – Rp23.000 per Kg, harga.

Begitu juga bawang merah turun dari kisaran harga Rp26.000 – Rp28.000 menjadi Rp22.000 – 23.000 per Kg. “Alhamdulillah, pasokan cukup dan harga juga cenderung turun dibandingkann dengan awal bulan puasa. Kami berharap juga stok ini tetap stabil sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kita mohon juga dengan para pedagang, jangan menaikkan harga sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri,” ujar Sekda.

Sedangkan untuk daging, sebut Dianto terbilang cukup. Menurutnya pihak Bulog sudah mendatangkan sebanyak 56 ton daging beku kerbau untuk mendukung ketersediaan daging sapi segar ke sejumlah pasar tradisional dengan patokan harga Rp80 ribu per Kg. “Kami berharap masyarakat jangan was-was, jangan kuatir, stok daging akan tercukupi dengan stok daging beku dari Bulog Jambi,” ungkap Sekda.(jupriko)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita